Desa se-Boltim Diminta Segera Miliki BUMDes

0
844

Boltim, Inatonreport.Com – Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa Boltim, Slamet Riyadi Umbola, mengimbau Desa se-Kabutapen Bolaang Mongondow Timur (Boltim) segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDdes).

Lanut Umbola, imbauan tersebut demi meningkatkan Pendapatan Asli Desa (APDes). Pasalnya, dari 80 desa yang ada, baru 30 desa yang memiliki BUMDes yang telah menghasilkan produk kreatif dan inovatif yang mampu meningkatkan APDes.

“Sudah ada 30an BUMDes yang ada, dan telah menghasilkan produk yang mampu meningkatkan APDes. Misalnya di Desa Atoga Timur dengan BUMDes Pelangi,” ujar Umbola saat diwawancarai di aula lantai 3 Kantor Bupati, Senin (26/3).

Sementara, Sangadi (Kepala Desa) Atoga Timur, Kanno R Ngato, mengatakan, BUMDes tersebut mampu menyerap tenaga kerja di desanya.

“Kiranya desa-desa lain tidak meniru apa yang sudah menjadi produk BUMDes kami. Sebaiknya, produknya harus inovatif dan berbeda. Sehingga produk kami bisa terjaga,” harap Kanno.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop UKM) Boltim, Ramlah Mokodompis, mengatakan, pihaknya siap menyosialisasikan potensi usaha yang dihasilkan Desa Atoga Timur.

“Itu nantinya akan diikutsertakan pada pameran di Manado Town Square dan di Jakarta, sehingga bisa dipasarkan di daerah lain,” singkat Ramlah.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.