Mamonto Pimpim Paripurna Buka Tutup Masa Persidangan Pertama-Kedua

0
646

Boltim, Inatonreport.Com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Marsaoleh Mamonto, memimpin rapat paripurna dalam rangka penutupan masa persidangan pertama.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pembukaan masa persidangan kedua, dan digelar di ruang rapat paripurna DPRD Boltim, Senin (7/5).

Mamonto berujar, rapat tutup dan buka masa sidang merupakan mekanisme sebelum melaksanakan kegiatan sidang-sidang selanjutnya.

Katanya, di masa sidang pertama, DPRD telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Di antaranya, rapat koordinasi mengenai pemantapan serta penyelarasan pelaksanaan program di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Kemudian, rapat kerja antara komisi dan mitra kerja.

Selanjutnya, rapat paripurna dalam rangka penyampaian 7 Rancangan Peraturan Daerah(Ranperda) inisiatif DPRD. Berikutnya, rapat pembahasan 3 Ranperda inisiatif DPRD. Kunjungan lapangan dalam rangka pengawasan proyek Tahun Anggaran 2017.

Studi komparasi tentang Ranperda izin pemanfaatan ruang dan Ranperda tentang perlindungan serta pemberdayaan petani, pembudidaya nelayan di Jawa Timur. Kemudian, melakukan konsultasi dan koordinasi tentang pembentukan tim penyusunan naskah akademik Ranperda inisiatif DPRD di Kemenkumham.

Tambah Mamonto, pihaknya juga telah melakukan pembahasan tentang Ranperda rencana induk pembangunan kepariwisataan. Melaksanakan study komparasi tentang Ranperda penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Adapun kegiatan wakil rakyat di bulan Februari, yakni hearing dalam rangka aspirasi masyarakat. Rapat kerja dengan penyuluh pertanian dan SKPD lainya. Uji publik terkait 3 Ranperda inisiatif DPRD. Melakukan monitoring dan kunjungan lapangan sehubungan laporan masyarakat terkait bencana. Melakukan koordinasi di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Perhubungan. Melakukan kunjungan kerja di Kementerian PAN-RB terkait perekrutan ASN dan tenaga harian lepas. Mengikuti Musrenbang tingkat kecamatan. Melakukan konsultasi di Kementerian Pertanian dan Kelautan Perikanan terkait program perlindungan dan pemberdayaan petani dan nelayan.

Lebih lanjut dijelaskannya, DPRD juga telah melaksanakan berbagai kegiatan lainnya. Diantaranya, paripurna penyampaian rekomendasi atas LKPJ Bupati Boltim Tahun Anggaran 2017. Reses masa sidang pertama. Mengikuti legislatif expo di Manado. Mengikuti Bimtek pimpinan dan anggota DPRD tentang LKPJ dan LPPJ di Jakarta. Pemantauan aktifitas PT ASA.

Sedangkan kegiatan di bulan April, DPRD melaksanakan evaluasi lapangan terkait LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2017. Kunjungan kerja dalam rangka study komparasi terkait Ranperda pedoman pemberian nama jalan dan sarana umum serta Ranperda ketertiban umum di Jawa. Melaksanakan rapat dalam rangka menyusun catatan strategis rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati.

“Saya berharap, masa sidang kedua Tahun 2018 ini dapat meningkatkan kinerja dengan memiliki semangat baru dan motivasi tinggi. Bahkan berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi kemajuan daerah, bangsa dan negara. Utamanya bagi masyarakat Boltim,” harap Mamonto.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.