Tanggap DBD, Dinkes Boltim Lakukan Fogging

0
1225
cegah DBD. @2.bp.blogspot.com

Boltim, Inatonreport.Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), langsung menindaklanjuti adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Bulawan Induk Kecamatan Kotabunan, dengan melakukan fogging, Jumat (11/5).

Fogging siklus pertama sudah dilakukan pada (4/5) lalu, dan siklus ke 11 di Desa Bulawan Induk.
“Fogging yang dilakukan oleh Dinkes, sebagai langkah untuk pencegahan agar tidak ada lagi korban DBD. Dan ini merupakan bagian dari pelayanan, karena setiap ada laporan masyarakat, langsung ditindaklanjuti,” kata Depala Dinkes Boltim, Eko Marsidi.
Agar tidak gampang terserang DBD, lanjut Marsidi, warga diimbau mengatur pola hidup sehat dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
“Indikasi terkena DBD biasanya diawali dengan demam. Jika demam sudah sampai dua hari lebih tidak sembuh, maka disarankan untuk periksa ke Puskesmas atau rumah sakit, untuk memastikan apakah terserang DBD atau tidak,” terang Marsidi.
Sementara, Sangadi Bulawan Induk, Sulaeman Lendongan, menyambut baik langkah yang dilakukan Dinkes Boltim untuk melakukan pencegahan merebaknya DBD. Sehingga, ia mengajak seluruh warga untuk ikut berpartisipasi untuk melawan penularan DBD.
Cara sederhahanya, tambah Sulaeman, dengan cara memperhatikan kebersihan rumah dan sekitarnya, menguras bak penampungan air, dan menutup bak penampungan air, mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
“Ke depan dari pihak Pemdes akan terus berkordinasi dengan Dinkes Boltim apabila terdapat gejala DBD agar cepat diatasi,” tutup Sulaeman yang akrab di sapa Papa Inal.
*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.