Babinsa Molibagu Hadiri Sosialisasi Bahaya Penyakit Rubela

0
802

Bolsel, Inatonreport.Com – Anggota koramil 1303-08/Bolaang Uki, Serda Rudianto, menghadiri kegiatan mini lokakarya lintas sektor dan sosialisasi rumah tinggal dan bahaya penyakit rubela/campak, serta bahaya penyakit tidak menular, di Puskesmas Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolsel, Selasa (31/7).

Sekretaris Puskesmas Molibagu, Sarina Paputungan, menganjurkan agar para ibu hamil dapat melahirkan di pelayanan kesehatan.

“Dianjurkan bagi ibu-ibu hamil saat memasuki masa kelahiran, dianjurkan melahirkan di Puskesmas atau rumah sakit untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak,” ujar Sarina.

Selain itu, Sarina juga menjelaskan bahaya penyakit TBC jika menyerang manusia. Sehingga ia meminta bagi warga yang terserang TBC untuk segera melapor ke Puskesmas terdekat.

“Penyakit TBC sangat berbahaya. Dan dianjurkan agar segera melapor ke Puskesmas terdekat bagi masyarakat yang mengidap panyakit TBC, atau ada keluarga yang terkena penyakit tersebut. Dan dalam waktu dekat ini, akan dilaksanakan program jaring TBC diberbagai desa yang berada di Kabupaten Bolsel,” terang Sarina.

Agar terhindar dari penyakit berbahaya, Sarina berharap, seluruh pihak dapat memaksimalkan gerakan masyarakat sehat (Germas).

“Memajukan Germas dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah, maupun di lingkungan sekitar,” harap Sarina.

Sedangkan, dengan menghadiri sosialisasi tersebut, Koramil 1303-08/Bolaang Uki berkomitmen membantu pemerintah dalam memberantas penyakit campak dan rubella. Komitmen ini ditunjukkan agar masyarakat Kabupaten Bolsel terhindar dari penyakit campak dan rubella.

Masyarakat sehat dan produktif dapat menghasilkan karya-karya nyata dan menjadi kebanggaan daerah, bahkan bangsa dan negara. Hidup sehat harus ditanamkan terhadap anak-anak mulai usia dini agar generasi penerus ke depan memunyai slogan “Hidup Sehat”.

Sekadar diketahui, campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Sedangkan, rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan. Dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Camat Bolaang Uki yang di wakili Japar Marada SPd, Kepala Puskesmas Molibagu Ifa Aliu SKep, Sekretaris Puskesmas Molibagu Sarina Paputungan SKep, Kepala Desa Molibagu Hamdan Manyo, Kapolsek Molibagu yang di wakili Bripka I Ketut Suartana dan undangan sekitar 110 orang.

*Abdyanto Mokodongan

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.