DPRD Boltim Setujui Ranperda LPJ Pelaksanaan APBD 2017

0
669

Boltim, Inatonreport.Com – DPRD Kabupaten Boltim menggelar rapat Paripurna penetapan Ranperda laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2017, di gedung DPRD Boltim, Senin (9/7).

“ Pelaksanaan Paripurna atas penetapan APBD tahun anggaran 2017 ini didasarkan pada undang-undang tentang pemerintahan daerah untuk menjadi dokumen yang sah melalui ranperda yang sudah di tetapkan,” ujar Ketua DPRD Boltim, Marsaolah Mamonto.

Sementara, Bupati Boltim, Sehan S Landjar, yang hadir bersama Wakil Bupati, Rusdi Gumalangit, berharap agar Sekertaris Daerah (Sekda) dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih meningkatkan kinerja agar lebih maksimal.

”Jangan hanya sumringah dengan mendapatkan gaji 13 dan 14, akan tetapi kerjaan tidak maksimal. Harus ada balance antara tunjangan dan pekerjaan,”tegas Sehan.

Sehan mengapresiasi DPRD atas penilaian kinerja di setiap SKPD yang harus menyerahkan laporan sebagaimana mestinya.

”Saya mendukung apa yang telah dilakukan DPRD, mampu memantau titik kekurangan dan kelalaian dari tiap-tiap SKPD,” ujar Sehan.

Beralih ke desa, Sehan mengimbau kepada kepala desa (Kades) agar lebih berhati-hati dalam mengolah Dana Desa (Dandes dan Alokasi Dana Desa (ADD).

”Mengingat Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) akan segera bertandang dan memeriksa kinerja para sangadi se-Boltim dalam waktu dekat ini, maka manfaatkan Dandes dan ADD untuk kepentingan rakyat. Sebab rakyat sangat sensitif tentang anggaran, dan DPR adalah wakil rakyat yang harus siap menerima aspirasi dan keluhan rakyat,” terang Sehan.

Sehan menekankan agar tak terlena dengan capaian WTP yang diterima untuk kelima kalinya.

“Jangan berbangga dengan pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 5 kalinya, karena ini sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah,” tutup Sehan.

Diketahui, rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Boltim, Marsaoleh Mamonto di dampingi oleh Wakil Ketua Sumardia Modeong, seluruh anggota DPRD Boltim, unsur Forkopimda serta jajaran ASN Pemkab Boltim. Dan hasil rapat tentang penetapan Ranperda 2017 di setujui oleh seluruh jajaran DPRD.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.