PKL dan Pedagang Asongan Memiliki Peran Penting di Boltim

0
897

Boltim, Inatonreport.Com  – Asisten ll Pemkab Boltim, Sonny Waroka, berujar, pedagang kaki lima dan asongan adalah jenis usaha informal, dan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah.

Sonny mengaku, jika tidak ada pedagang yang berjualan, pastinya akan berdampak juga pada pemerintah. Sehingga, peran-peran ini tentunya ada keterkaitan antara pedagang dan pemerintah daerah.

“Untuk itu, peran pedagang kaki lima dan asongan sangatlah penting. Ibukota Tutuyan yang berusia sepuluh tahun ini harus ditata dan di atur agar perekonomian daerah berjalan lancar. Dengan adanya gelombang pendapatan pedagang yang meningkat, sehingga mampu untuk menyekolahkan anak sampai dibangku kuliah,” ujar Sonny, disela-sela acara sosialisasi Pembinaan Pedagang Kaki Lima dan Asongan di Balai Desa Tutuyan belum lama ini.

Sementara, Kepala Disperdakop, Ramlah Mokodompis, mengatakan, salah satu tolak ukur keberhasilan adalah dengan cara berdagang. Menurutnya berdagang adalah rotasi putaran ekonomi yang saling membantu antara pemerintah dan masyarakat yang berjualan maupun tidak berjualan. Yang menjadi skala prioritas Pemda Boltim adalah meningkatkan penghasilan pedagang maupun petani.

“Dengan ini, pemerintah akan membantu dengan pembangunan jalan, agar mempermudah pedagang dan petani untuk melakukan aktifitas,” ucap Mokodompis.

“Pasar Pondabo Tutuyan saat ini tengah dalam pekerjaan pemasangan lampu dan air. Walaupun pekerjaannya belum sepenuhnya selesai, tapi sudah bisa dipakai untuk berdagang, maka kami dari dinas terkait akan menyurati pedagang untuk melakukan aktifitas dagang di pasar tersebut,” sambung Mokodompis.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.