Selama 3 Hari, Pemkab Boltim Ikut Pameran Inovasi Publik di Mantos

0
752

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kembali mengikuti pameran inovasi publik yang diadakan di Manado Town Square (Mantos) selama 3 hari dari tanggal 4-6 Juli 2018.

Dari pameran rutin tersebut, diharapkan dapat memacu kreativitas pemerintah daerah dalam pelayanan publik.

Pameran yang diikuti seluruh kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara tersebut, menampilkan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan di berbagai daerah, sehingga mampu menarik animo pengunjung Mantos.

Peserta pameran mulai dari pemerintah daerah dan BUMN, mampu menunjukkan dan memamerkan berbagai potensi yang dimiliki di tiap daerah. Termasuk stand-stand dari berbagai perwakilan daerah di Sulawesi Utara juga menunjukkan keunggulan daerahnya. Sehingga pengunjung bisa mengetahui potensi yang dimiliki berbagai daerah.

Salah satu produk inovasi unggulan dari Kabupaten Boltim adalah Program Lababa atau Lahir Bayi Bawa Akte. Gagasan inovatif tersebut pertama kali diusulkan oleh Puskesmas Nuangan pada tahun 2017. Program ini bertujuan untuk menarik minat dari ibu untuk bersalin di fasilitas pelayanan kesehatan dengan di tolong oleh tenaga kesehatan. Dan haslinya, untuk 2018 sudah di ikuti oleh Puskesmas di Kabupaten Boltim.

Lababa merupakan program yang digagas atas kerjasama lintas sektoral yaitu pemerintah desa, kecamatan, tokoh masyarakat dan Disdukcapil Boltim. Setelah melakukan persalinan dan perawatan di Puskesmas, ibu akan langsung mendapatkan akte kelahiran dari anak tersebut.

Dalam kurun waktu tahun 2017-2018, sebanyak 339 bayi yang telah mendapatkan program ini.

Program inovasi ini diharapkan mampu menurunkan angka kematian neonatal, bayi dan ibu serta meningkatkan kunjungan ibu bersalin ke fasilitas pelayanan kesehatan serta dapat menjadi motivasi daerah lain dalam peningkatab pelayanan prima pada masyarakat.

*/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.