Begini Bentuk Kolaborasi Babinsa Ilomata bersama Petani

0
770

Bolsel, Inatonreport.Com – Personel Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD dalam mendukung pemerintah untuk mencapai swasembada pangan nasional. Berbagai cara telah dilakukan oleh Babinsa untuk membantu para petani di desa binaannya agar memperoleh hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Serda Wahyudin merupakan salah satu Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian, yang selalu turun ke lahan persawahan warga untuk memberikan pendampingan kepada petani. Salah satu pendampingan yang diberikan oleh Serda Wahyudin adalah ketika membantu warga binaannya Niklas Hogi anggota Poktan “Ilahelumo”, yang sedang membajak sawah seluas 1 hektar di Desa Ilomata Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolsel, Jumat (3/8).

Dengan menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan), Serda Wahyudin dan Niklas Hogi membajak lahan sawah yang sudah digenangi air itu. Mereka secara bergantian mengendalikan mesin menyusuri setiap sudut lahan sawah.

“Hari ini kita membajak sawah di lahan Pak Niklas, rencananya hari Senin akan ditanami., Kita upayakan agar cepat selesai dan jadwal tanam tepat waktu ” Ujar Serda Wahyudin.

“Setelah selesai membajak akan dilanjutkan penyiapan bibit sehari sebelum ditanami,” lanjut Serda Wahyudin.

Sebenarya pendampingan bukan hanya bagi petani padi, warga yang menanam jagung, cabai, kacang dan lain–lain tidak luput dari pantauan Babinsa. Meski jadwal yang begitu padat Babinsa selalu berupaya untuk bisa mengatur waktu.

“Bagi seorang Babinsa selain untuk memberikan pendampingan, kegiatan ini juga dijadikan media silaturahim dengan warga. Babinsa dan warga akan saling bertukar pikiran, berbagai persoalan warga akan disampaikan kepada Babinsa,’’ tutup Serda Wahyudin.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.