Seperti Inilah Cara Babinsa dan Petani Panen Jagung

0
800

Bolmut, Inatonreport.Com – Babinsa Desa Biontong, Serma Mislin, anggota Koramil 1303-14/Bolangitang mendampingi petani untuk memanen jagung di areal sawah seluas 1 hektar, milik Rifai Andalangi, yang terletak di Desa Biontong Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolmong Utara, Rabu (29/8/2018).

Sebelum dipanen, kelobot buah jagung di kupas dan di pangkas bagian atasnya, sehingga yang tersisa di pohon adalah buah jagung yang masih berkelobot tetapi telah dikupas. Tujuannya untuk mempercepat proses pengeringan jagung. Setelah beberapa hari di pohon dan bijinya telah mengering barulah dilakukan pemetikan.

Serma Mislin dan petani bekerja sama melakukan pemetikan dengan penuh semangat, mengingat hasil panen kali sangat memuaskan.

Pemetikan buah jagung yang dilakukan dengan memetik buahnya saja bertujuan untuk lebih mudah diangkut menggunakan keranjang ataupun karung.

Setelah selesai buah jagung yang telah dikemas dalam karung, diangkut dengan menggunakan sepeda motor ke rumah pemilik lahan. Sesampainya di rumah, jagung yang masih berupa tongkolan langsung dijemur untuk mengantisipasi adanya biji yang belum kering.

Rifai Andalangi merasa sangat senang dengan pendampingan Babinsa. Sebab, pekerjaan menjadi cepat selesai dan segala kendala apapun yang di alami petani selalu dapat terselesaikan.

Misalnya saja pada saat tanam jagung petani tidak pernah kesulitan dalam memperoleh pupuk ataupun obat-obatan. Hal ini tentunya berkat turut campurnya Babinsa dalam upaya khusus mensejahterakan para petani guna mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan khususnya Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

Dengan turunnya Babinsa ke sawah membantu petani tentu saja memberi semangat tersendiri bagi para petani. Meskipun panas menyengat tak pernah dihiraukan semangat Babinsa sungguh luar biasa.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.