Wabup Boltim Buka Pelatihan Program Inovasi Desa

0
796

Boltim, Inatonreport.Com –  Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Drs Rusdi Gumalangit, membuka pelatihan Program Inovasi Desa (PID) bagi Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (22/9).

Rusdi mengungkapkan, dilaksanakannya pelatihan bagi TPID agar dapat memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada.

“Diharapkan setelah pelatihan ini para TPID dapat mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rusdi.

Disamping itu, lanjut Rusdi, sasaran utama dilaksanakannya pelatihan agar terlaksananya bursa inovasi desa kabupaten yang dapat mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan.

“Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif serta meningkatkan kapasitas Pemdes dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan desa secara lebih inovatif dan berkualitas,” terang Rusdi.

Rusdi menambahkan, program inovasi desa merupakan salah satu upaya kementerian desa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa, melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan.

“Program inovasi desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dandes sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Rusdi.

Sementara, Sekretaris DPMPD Boltim Rosita Pobela, menuturkan, pelatihan PID akan dilaksanakan selama 3 hari sejak 20 hingga 22 September 2018.

“Peserta berjumlah 25 orang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, perwakilan tim identifkasi dan perwakilan tim verifikasi TPID di 5 kecamatan di Boltim,” singkat Rosita.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.