Koramil Modayag Komsos ke SMA Mooat

0
709

Modayag, Inatonreport.Com – Untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA),  jajaran Kodim 1303/Bolmong, blusukan ke sekolah sekolah.

Seperti yang dilakukan oleh Koptu Engel Tuwo, anggota Koramil 1303-03/Modayag yang melaksanakan Komsos ke SMK Mooat yang bertempat di Desa Mototompian Kecamatan Moat Kabupaten Boltim, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Komandan Koramil 1303-03/Modayag, Kapten Inf Janssen Neang, kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan. Karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa.

“Pemberian wawasan ditanamkan dan penanaman sejak dini sangatlah penting.
Hal itu sebagai rasa kepedulian dan merasa mempunyai tanggung jawab dalam generasi muda,” ujar Danramil Modayag saat dikonfirmasi.

Menurutnya, disiplin merupakan sikap moral seseorang, tidak secara otomatis ada pada dirinya sejak lahir. Tapi harus dibentuk oleh lingkungan melalui perlakuan orang tua terhadap dirinya, guru serta orang-orang dewasa lain yang ada di sekitar.

“Jika ditanamkan sejak dini, saat dewasa nantinya akan terbiasa hidup disiplin dan Wasbang yang baik. Mereka nantinya akan menjadi remaja hingga dewasa atau generasi muda untuk mendukung program pemerintah dengan menanamkan sikap disiplin. Pada akhirnya membentuk karakter kuat dihadapkan kondisi sekarang ini tentang ancaman yang sangat diperhitungkan. Diantaranya narkoba, kriminalitas, pergaulan bebas dan kenakalan remaja,” tambahnya.

Disini Danramil menjelaskan, Babinsa mempunyai peran aktif di wilayahnya.

“Seperti halnya yang dilakukan oleh personil Koramil 1303-03/Modayag Koptu Engel Tuwo, yang blusukan ke SMK Moat Kabupaten Boltim, untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kedisiplinan bertajukan tema “Disiplin Adalah Nafasku,” jelasnya.

Disela sela pengajarannya Koptu Engel Tuwo memberikan sanksi berupa sikap push up bagi siswa yang tidak mampu menghafalkan Undang Undang Dasar 1945 dan Pancasila yang disaksikan oleh guru pembimbing dalam keadaan aman dan tertib.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.