Pendampingan Petani adalah Cara untuk Genjot Produktifitas Panen

0
600

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Semangat para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 1303-02/Passi yang turun ke sawah untuk membantu petani menanam padi, nampak terlihat jelas.

Hal tersebut terlihat saat membantu penanaman padi milik Jodi Mokoagow, yang terletak di Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara Kota Kotamobagu, Jumat (19/10/2018), pagi.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 1303-02/Passi, Kapten Inf Asrak Badarun, menyampaikan, saat ini telah memasuki musim penghujan, dan sangat cocok jika kelompok tani mulai melaksanakan penanaman padi.

“Hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2018 di Kabupaten Bolaang Mongondow (BOlmong),” ujar Badarun.

Lanjut Badarun, untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam, dengan dukungan prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan.

“Sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” ungkap Badarun.

Babinsa pendampingan menanam padi itu, tambah Badarun, juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di wilayah Bolmong bisa terus ditingkatkan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa banyak anak muda yang tidak tertarik bekerja di sawah. Hal ini membuat beberapa lahan persawahan di desa/kampung menjadi tak terurus lagi. Untuk itu, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memancing warga pedesaan mau tetap melakukan penanaman padi dan tetap menjaga persawahan,” harap Badarun.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.