Sangadi Tutuyan Dua Minta Warga Taat Bayar Pajak

0
596

Boltim, Inatonrepot.Com – Sangadi Tutuyan Dua Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Piantai Potabuga, mengimbau masyarakat Desa Tutuyan Dua agar segera melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Kamis, (4/10/2018).

Menurutnya, jika PBB tidak mencapai 100 persen maka akan berdampak pada pembangunan di Desa Tutuyan Dua.

“Saya selalu mengimbau baik di pesta, dan di hajat-hajat lainnya soal pajak itu harus diperhatikan, karena akan berpengaruh terhadap pembangunan di desa dan itu kewajiban kita ke negara,” ujar Potabuga.

Potabuga menegaskan, agar masyarakat kooperatif dengan kewajiban membayar pajak.

“Jangan hanya masyarakat menuntut hak tapi kewajiban ke negara tidak proaktif, pada akhirnya juga aparat jadi sasaran. Hal ini sudah sering saya sampaikan serta saya selalu memberi arahan. Tinggal kembali kepada kesadaran masyarat untuk mentaati kewajiban pada negara,” ungkap Potabuga.

Dijelaskannya, pajak di Desa Tutuyan Dua baru 28 persen dari 76 juta. Alasan belum sampai 100 persen yang lunas pajak, disebabkan para penunggak pajak ada yang tinggal di daerah lain.

“Yang jadi kendala kami untuk penagihan pajak adalah wajib pajak ada yang berdomisili didaerah lain, seperti di Bentenan, Kiawa dan Kotamobagu. Mereka punya lahan perkebunan di Tutuyan Duan tapi tingal di daerah lain,” terang Potabuga.

Diapun berharap kerja sama dari masyarakat agar pajak di Desa Tutuyan Dua capai 100 persen.

“Diharapkan kerja sama dari masyarakat. Sebab PBB di Desa Tutuyan Dua jika sudah mencapai 100 persen, otomatis hak-hak masyarakat akan tersalur semuanya,” Kunci Potabuga.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.