Memasuki Musim Hujan, Danramil Sarankan Petani Desa Binjeta Tanam Padi dengan Sistem Tabela

0
732

Bolmut, Inatonreport.Com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Ismail melakukan pendampingan tanam padi sistem tanam benih langsung (Tabela) atau masyarakat Desa Binjeita menyebutnya tanam padi cara tunggal, di atas lahan milik Kaleh Pontoh dari Kelompok Tani (Poktan) Mokotabi, di Desa Binjeita Satu Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolmut, Senin (12/11/2018).

Danramil 1303-14/Bolangitang, Kapten Inf Supardi, mengatakan bahwa, Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan, dengan masa tanam sebagian areal sawah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara khususnya di wilayah Koramil 1303-14/Bolangitang.

Danramil mengatakan, petani perlu mendapatkan motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan Tanam benih langsung dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

“Pada program ketahanan pangan di Bolaang Mongondow Utara, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani, untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan mulai dari penentuan turun sawah, pengolahan lahan, perawatan bahkan sampai dengan penyaluran hasil panen nantinya,” ucap Danramil.

Danramil menambahkan, bahwa tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam benih langsung. Tetapi karena bulan ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga para petani dianjurkan menanam dengan sistem tabela agar nantinya para petani hanya melakukan perawatan saja.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.