Makalungsenge: Empat Skala Prioritas Pembangunan Infrastruktur Didesa Togid

0
490

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sepakati empat skala prioritas pembangunan tahun 2020, Senin (28/1/19).

Seperti yang dikatakan Sangadi Togid, Kecamatan Tutuyan, Adi Makalungsenge siang tadi dikantornya.

“Sesuai kesepakatan bersama yang turut dihadiri oleh Bappeda Boltim, Kecamatan dan pendamping desa juga seluruh aparat BPD dan masyarakat pada Musyawarah Desa (Musdes) pada Kamis (24/1/19) lalu, skala prioritas tahun 2020, yakni: 1, pembuatan tanggul pemecah ombak, anggaran APBN sekitar Rp5 miliar. 2, Jalan Lingkar Telaga Bunong lanjutan sepanjang kurang lebih 3 km memakai APBD. 3, Jalan Persawahan lanjutan sepanjang 2 kilo meter memakai APBD dan anggaran sekitar 800 jutaan. 4, Penanaman mangrove di lokasi Telaga Bunong dan Pantai Togid menggunakan dana APBDes,” jelas Makalungsenge.

Disisi lain, Sekretaris Desa Togid, Djisman Boroma memaparkan alasan kenapa ke-4 hal tersebut menjadi skala prioritas di Desa Togid.

“Pembuatan tanggul pemecah ombak kareba abrasi pantai. Dulu jarak air laut dan lahan warga yang telah ditanami kelapa masih sangat jauh, namun saat ini air laut sudah memasuki area lahan warga. Ada juga tanaman kelapa milik warga yang tumbang akibat abrasi. Untuk jalan lingkar Telaga Bunong lanjutan dan jalan persawahan lanjutan, masyarakat sangat susah mengeluarkan hasil panen. Menanam mangrove, disamping menjaga ekosistem, itu adalah tempat atau habitat kepiting, ikan dan udang bertelur,” jelas Boroma.

“Sudah terbentuk juga tim untuk memperjuangkan hasil keputusan desa ke kecamatan,” sambungnya.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.