Mangkialo: Program Pembangunan Fisik dan Pemberdayaan harus Melalui Musrenbang

0
602

Boltim, Inatonreport.Com – 15 desa se-Kecamatan Kotabunan Kabupaten Boltim, sukses menggelar pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan Desa (Murenbangdes).

Hal ini tidak lepas dari keseriusan pemerintah Kecamatan Kotabunan memfasilitas sampai pembentukan tim pendampingan di tiap desa.

Plt Kepala Seksi Pemerintahah Kecamatan Kotabunan, Irawan Mangkialo, kepada media ini menjelaskan, program pembangunan fisik dan pemberdayaan 2020 di tiap desa harus melalui tahapan Musrenbang desa.

“Ada pun pelaksanaan Musrenbang tingkat desa adalah menyerap langsung aspirasi masyarakat, apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat maka aspirasinya itu di tuangkan dalam agenda program fisik dan pemberdayaan tahun 2020,” beber Mangkialo.

Mangkialo menjelaskan, Musrenbang ini sebagai tindak lanjut penggalian gagasan yang sebelumnya sudah di laksanakan di tingkatan dusun melalui Musyawarah Dusun (Musdus).

“Musrembang merupakan tindak lanjut hasil musyawarah di tingkat dusun,” singkat Mangkialo.

Pemerintah kecamatan tentunya sangat berterima kasih kepada pemerintah desa di 15 desa telah mesukseskan pelaksanaan Murembang tersebut.

“Pelaksanaan Musrenbangdes di 15 desa telah terlaksana dengan baik dan lancar. Pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi kesuksesan Pemdes dalam hal ini pak sangadi,” ucap Mangkialo.

Mangkialo menuturkan, sebelum pelaksanaan Musrenbang di tiap desa, pemerintah kecamatan membentuk tim pendamping di setiap desa.

“Sekcam pak Benny Boroma sebelumnya telah membentuk tim kecamatan untuk memonitoring pelaksanaan Musrenbang di tiap desa selama dua hari yakni Kamis dan Jum’at, 24-25 Januari 2019,” tuturnya.

Mangkialo menegaskan, setelah Musrenbamgdes akan di tindak lanjuti di Musrenbamg kecamatan, sehingga sangadi di 15 desa harus mengutus perwakilan 5 orang yang sudah di bentuk dan di hadirkan pada Musrenbang tingkat kecamatan nanti.

“Dan nama-nama yang telah di delegasikan di tiap-tiap desa maksimal 5 orang agar hadir di Musrenbang tingkat Kecamatan, dan tugas mereka mengawal aspirasi masyarakat yang telah di usulkan di Musrenbang tingkat desa,” tegas Mangkialo.

Terlepas dari Musrenbang, Mangkialo berharap kepada Pemdes di 15 desa agar selalu memanjatkan doa untuk kesembuhan Camat Kotabunan, agar bisa kembali melaksanakan tugas kembali.

“Kami berharap doa dariP emdes dan masyarakat, semoga Camat Kotabunan Bapak Rahman Hulalata bisa cepat sehat total dan bisa kembali bertatap muka dengan kita semua,” harap Mangkialo.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.