Sangadi se-Boltim akan Ikuti Diklat Pemahaman Hukum dan Aturan Desa

0
531

Boltim, Inatoreport.Com – Guna meningkatkan kapasitas leadership, seluruh sangadi (kepala desa) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) terkait pemahaman hukum dan aturan di desa.

Demikian Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Boltim, Slamet R. Umbola kepada para pewarta belum lama.

Kata dia, tujuan utama dari kegiatan tersebut untuk memberikan wawasan berpikir kepada Pemerintah Desa (Pemdes), bagaimana menghindari persoalan-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi bukan hanya masalah pengelolaan keuangan yang dibahas, tapi tentang masalah pemerintahan dan kemasyarakatan. Ada perselisian-perselisian tetangga masalah batas, inikan bisa dimediasi. Nah itu yang di inginkan. Sehingga persoalan-persoalan itu jauh hari sudah bisa di deteksi dan sudah ada solusi sebelum masuk ke ranah hukum,” terang Umbola.

Mantan Kabag Humas ini berharap melalui Diklat ini, Pemdes se-Boltim mendapatkan ilmu pengetahuan dan menjadi pemimpin yang berintegritas.

“Harapan kami tentunya bagaimana mendapatkan ilmu pengetahuan, bagaimana jadi seorang pemimpin yang punya integritas, kemudian jadi seorang pemimpin yang mampu menerapkan tatanan-tatanan hukum didalam proses pemerintahan yang sedang dijalankan, bagaimana mengayomi dalam pelayanan kepada masyarakat serta bagaimana proses-proses pembangunan itu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan koridor,” ujarnya.

“Nilai-nilai perubahan ini yang harus dilakukan oleh para Sangadi. Supaya dalam konteks membangun desa itu selalu ada suasana baru dan ada inovasi-inovasi baru. Kualitas-kualitas ini tentunya yang kita genjot,” urainya.

Diketahui Diklat akan dilaksanakan di Manado yang akan berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 28-29-30 Maret 2019.

*anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.