Baru Dua Desa di Boltim yang Terima Rekomendasi Pencairan Dandes Tahap I

0
586

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah memberikan rekomendasi pencairan Dana Desa (Dandes) tahap I, kepada dua desa yang ada di Boltim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Boltim, Slamet Riyadi Umbola, mengatakan, rekomendasi pencairan tersebut baru diberikan kepada Desa Motongkad Utara dan Desa Dodap Pantai.

“Sementara 13 desa lainnya masih menunggu hasil postingan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Pun, rekomendasi untuk dua desa tersebut sudah kita terbitkan sejak Tanggal 20 Maret bulan lalu,” ujar Umbola, Senin (8/4/19).

Umbola juga menerangkan, diberikannya rekomendasi kepada dua desa tersebut dikarenakan telah memenuhi persyaratan.

“Mulai dari APBDes, RPJMDes dan dokumen dua desa tersebut sudah memenuhi persyaratan. Sedangkan untuk pencairan Dandes tahap satu sudah masuk di rekening desa. Namun, masih menunggu dokumen untuk dipenuhi,” ungkap Umbola.

Slamet juga mengakui adanya keterlambatan pencairan Dandes tahap satu ini.

“Tapi itu tidak masalah. Karena adanya perubahan Permendagri 113 ke Permendagri 20 tentang pengelolaan keuangan desa kemudian ada perubahan sistem keuangan desa yang cukup signifikan dan itu butuh proses lama di pemerintah desa (Pemdes),” terang Umbola.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.