Usai Bukber dengan Warga Desa Sakti, Bupati Ajak Warga Bolsel Jaga Tradisi Tumbilo Tohe

0
445

Bolsel, Inatonreport.Com – Hampir dipenghujung bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah atau tahun 2019 kalender Masehi, Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru SPt, menggelar buka puasa bersama (Bukber) dengan masyarakat Desa Sakti Kecamatan Posigadan, Jumat (31/5/2019).

Usai buka puasa bersama, Bupati yang didampingi asisten, staf ahli, pimpinan OPD, Camat Posigadan, Kapolsek Posigdan, melanjutkan kegiatan pemasangan lampu Tumbilo Tohe atau Monuntul, di Lapangan Desa Sakti.

Monuntul yang di prakarsai oleh desa dan karangtaruna tersebut, menarik perhatian warga di Kecamatan Posigadan. Sebab, kali ini panitia menyiapkan 10.000 lampu botol yang dirangkai dengan indah.

Atas inisiatif tersebut, Kamaru memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sangadi Sakti yang berhasil menampilkan keindahan lewat Monuntul.

“Tradisi pasang lampu ini sudah menjadi agenda kabupaten untuk di lombakan. Dan malam ini, kita masyarakat Bolsel resmi melaksanakan Tumbilo Tohe, tepatnya 27 Ramdhan 1440 H. Saya berharap kita tetap menjaga tradisi yang religius,” ajak Kamaru.

Sekadar diketahui, Tumbilo Tohe di samping sebagai tradisi, juga menjadi budaya kerarifan lokal yang ada di Bolsel, sebagai daerah yang memiliki visi religius dengan falsafah adat bersendikan Sarah, dan Sarah bersendi Kitabullah.

*Her

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.