Jadi Rujukan, RSUD Kotamobagu Pertahankan Akreditasi Tipe C

0
393

Kotamobagu, Inatonreport.Com -Pemerintah Kota Kotamobagu menyikapi serius persoalan akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu. Guna mempertahankan rumah sakit tipe C, berbagai upaya dilakukan baik Dinas Kesehatan Kotamobagu maupun pimpinan UPTD RSUD Kotamobagu.

Semua persyaratan yang diperlukan diusahan terpenuhi, kata Yusril Mantali, Kabag Umum RSUD Kotamobagu, Rabu(31/7). Kita sangat merespon rekomendasi dari Kementerian Kesehatan berkaitan dengan pemenuhan persayaratan akreditasi. “Itu juga menjadi target kita,” tandasnya.

“Syarat yang harus dipenuhi yaitu menyediakan dua orang dokter bedah dan satu dokter patologi klinik. Dan, ketiganya sudah menyatakan bersedia bertugas disini,” ujar Yusril.

Bahkan, hari ini, Kadis Kesehatan Kotamobagu sedang mengurus persyaratan administrasi lainnya di Kementerian Kesehatan terkait akreditasi ini. Termasuk administrasi izin praktek dokter bedah, dokter patologi klinik dan apoteker, bebernya.

RSUD Kotamobagu sebagai rumah sakit rujukan di Sulawesi Utara perlu menjaga bahkan meningkatkan tipe rumah sakit. Alasan akreditasi ini penting, karena merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi setelah rumah sakit memenuhi standar pelayanan yang berlaku.

Tidak hanya ketersediaan dokter ahli, berbagai fasilitas rumah sakit juga harus tersedia dan memenuhi unsur persayaratan berdasarkan aturan Permenkes Nomor 12 tahun 2012.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.