Tingkatkan SDM Desa, DPMD Genjot Pelatihan Ekonomi

0
535

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotamobagu gencar melaksanakan pelatihan-pelatihan terutama terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang ekonomi.

Pembangunan fisik yang selama ini masih menjadi prioritas utama pemerintahan desa harus segera diubah.

Kucuran dana desa yang setiap tahunnya semakin bertambah banyak harus juga dimanfaatkan untuk sektor pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) juga. Kenapa demikian, seringkali pembangunan fisik seperti ini kurang bisa menjawab kebutuhan peningkatan kesejahtraan ekonomi.

Bahkan parahnya lagi seringkali justru salah sasaran. Itulah mengapa pentingnya pemberdayaan SDM di desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, DPMD Kotamobagu, Muliadi Mondo, Rabu(24/7), menerangkan pentingnya peningkatan SDM di desa.

“Banyak kegiatan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat terutama dalam mengelola usaha rumah tangga agar berhasil dan sukses,” kata Muliadi.

Kelompok tidak hanya diberikan pelatihan, tapi juga diberikan bantuan bagi usaha yang gelutinya, tambahnya. Bahkan, dari evaluasi terakhir, usaha-usaha rumah tangga di desa yang mendapat bantuan lewat dana desa semuanya masih berjalan.

Dia juga mengimbau, agar pemerintah desa setempat terus melakukan pengawasan. Selain pengawasan, pemberian bantuan harus diberikan secara bergilir sehingga semua bidang usaha terbantukan.

“Jangan hanya dia-dia saja yang dibantu,” ujarnya.

Menurut Muliadi, bantuan fasilitas usaha rumah tangga yang diberikan cukup banyak, mulai dari warung, kantin, serta usaha lainnya. Dan, semuanya terbukti mampu memberikan dampak bagi meningkatnya ekonomi desa.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.