Wujudkan Boltim Bersih Dari Sampah, Pemkab Terbitkan Surat Edaran

0
391

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menerbitkan surat edaran ditujukan ke Sangadi (Kepala desa) agar menganggarkan dana didalam APBDes tahun 2020, untuk pengadaan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di setiap desa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, Sjukri Tawil berujar, langka tersebut salah satu yang menjadi proiritas dalam rangka mewujudkan Kabupaten Boltim sehat dan bersih dari sampah.

“Bupati Boltim Sehan Landjar menerbitkan surat edaran diinstruksikan kepada Kepala desa, untuk menganggarkan dana bagi pengadaan lahan Tempat Penampungan Sementara (TPS), di dalam Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBDes) Tahun 2020. Kenapa menggunakan Dana Desa (DD), yang sebagaimana disebutkan dalam pasal 8 ayat (1) butir d Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020, bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk membiayai pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana prasarana lingkungan alam untuk pelestarian lingkungan hidup,” lugas Tawil, Senin (7/10/2019).

“Dengan adanya surat edaran Bupati dimaksud, kiranya para Kepala desa, serta warga masyarakat untuk menindaklanjutinya. Sehingga penanganan soal sampah di Boltim dapat teratasi walaupun, belum ada TPA,” sambungnya.

Mantan Kadis PU Boltim ini menambahkan, sampah yang nampak terlihat diantaranya di ujung desa Motongkad, desa Dodap serta ada beberapa titik yang kerap terlihat diruas jalan.

“Ada beberapa titik sampah yang nampak diruas jalan, antara Desa Kotabunan dan Paret serta, diantara Kotabunan dan desa Buyat, ini sangat tidak elok dipandang, juga dapat berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan lingkungan setempat. Diharapkan sampahnya ditimbun, jangan di buang sembarangan,” pintahnya.

“Saat ini, sampah-sampah tersebut, sudah tidak ada lagi di ruas jalan, karena dua minggu Dinas Lingkingan Hidup dan aparat desa, turun langusung membersihkan sampah yang ada dilokasi itu,” kunci Tawil.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.