Pemdes Doloduo Dua Serahkan BLT ke Warga

0
406

Bolmong, Inatonreport.Com – Pemerintah Desa (Pemses) Doloduo II, Kecamatan Dumoga Barat, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 100 kepala keluarga (KK) yang terdampak Corona Virus Disesase (Covid-19).

Penyerahan BLT tersebut berlangsung di Kantor Desa Doloduo II, yang di mulai pukul 09.00 WITA, dengan menerapkan protap Covid-19, yakni physical distancing, memakai masker, dan mencuci tangan.

Sangadi Doloduo II, Wawan Bonde, mengatakan, data penerima bantuan tersebut di luar PKH, BPNT, dan PNS. Lainnya masuk dalam penerima PKH sebanyak 27 orang, BPNT 38 orang.

“Iya, bantuan sudah kita serahkan semua, tercatat, desa Doloduo II ada sebanyak 100 KK penerima BLT, dengan masing-masing bantuan sebesar Rp 600 ribu,” ujar Bonde.

Bonde, mengaku, pemberian BLT tersebut sudah berdasarkan hasil musyawarah desa (Musdes). Anggarannya diambil dari sejumlah pekerjaan fisik Dana Desa Tahap I seperti pembangunan jalan dan lampu penerangan desa, yang dipangkas untuk penanggulangan Covid-19 di Doloduo II.

“Karena kami sudah melakukan pencairan duluan, maka akan ada perubahan APBDes dan RKPDes di triwulan II nanti. Semuanya sudah melalui konsultasi di DPMD,” terang Bonde.

Untuk proses penyaluran BLT, Bonde, mengatakan, sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Pendataan penerima BLT dilakukan oleh Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa dengan basis pendataan tingkat RT/RW. Kemudian di validasi data penerima oleh pemerintah desa, BPD dan LPM melalui Musdes.

“Saya tegaskan kepada aparat desa untuk tidak melakukan pemotongan dana BLT. Kalau kedapatan, saya berikan sangsi tegas, bahkan akan sampai pemecatan dari jabatan,” terang Bonde.

Apa yang dilakukan oleh Pemdes Doloduo II, rupanya mendapat apresiasi dari Camat Dumoga Barat, Malpin Dako.

“Pemdes Doloduo II dengan cepat merespon imbauan pemerintah pusat terkait penyaluran BLT untuk warga terdampak Covid-19, kiranya bisa menjadi contoh bagi desa lainnya,” singkat Dako.

*Rid/Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.