Pasien Covid-19 yang Sembuh Ucapkan Terima Kasih pada Tenaga Medis

0
517

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Suasana haru mewarnai pelepasan lima pasien yang sembuh dari Virus Corona disease (Covid-19), sebelum meningalkan RSUD Kotamobagu, Sabtu (9/5/2020) lalu.

Salah satu pasien Covid-19 yang sembuh, yang engan disebut namanya, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua tim medis penanganan Covid-19.

“Meraka memperlakukan kami seperti keluarga mereka sendiri.
Dan juga bagi masyarakat Kotamobagu agar terus mengikuti imbauan pemerintah,” ujarnya.

Salah satu tim medis Covid-19 di RSUD Kotamobagu, mengatakan, jika para pasien tersebut sudah benar-benar sembuh dari Covid-19.

“Kita sudah melakukan beberapa kali test swab. Biasanya kita menungu hasi swab 10 hari sampai 14 dari Makassar, dan itu memakan waktu cukup lama. Sehingga, begitu hasilnya keluar kita langsung ambil dan test swab ulang untuk memastikan sampai hasilnya negatif. Dan kalau sudah negatif maka pasien Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, karena sudah di test beberpa kali,” terangnya.

Kabar baiknya, Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Covid-19 sudah ada di Manado tepatnya di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado.

“Laboratorium PCR ini cepat dan kami langsung bisa mengdiagnosa pasien dan tidak lagi menungu lama hasil test dari Makasar maupun Jakarta. Laboratorium PCR sudah resmi di buka pada 7 Mei 2020 lalu,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr Tanty Korompot, terus meminta agar masyarakat menghapus stigma sosial tentang Covid-19.

“Disiplin mengunakan masker, rajin cuci tangan, makan makanan bergizi, rajin berolah raga setiap pagi, taat terhadap aturan pemerintah, dan menjaga kebersihan. Jika tidak mendesak jangan keluar rumah, dan paling penting kesadaran dari kita sendiri,” ajak Tanty.

*Nux

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.