2 Tahun Kepemimpinan TB-NK

0
306

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kepemimpinan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan hari ini, Jumat (25/9), genap berusia 2 tahun.

Pasangan TB-NK memenangkan pertarungan pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu yang digelar pada 27 Juni 2018.

Setelah menginjak 2 tahun kepemimpinan mereka berdua, segudang prestasi pun telah diraih. Menjadikan Kota Kotamobagu, sebagai Kota Jasa dan Perdagangan Berbasis Kebudayaan Lokal, Menuju Masyarakat Sejahtera dan Berdaya Saing, menjadi visi Pemerintahan TB-NK.

Visi ini kemudian dijabarkan dalam beberapa misi. Pertama, Meningkatkan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Modal Sosial melalui Pemberdayaan Masyarakat, Kedua, Meningkatkan Daya Saing Daerah secara Berkelanjutan dengan Inovasi dan Kreatifitas yang Berbasis Potensi Ekonomi Daerah dan Berwawasan Lingkungan.

Ketiga, Meningkatkan Pelayanan Publik yang Berbasis Kebutuhan Masyarakat dengan Pendekatan data Rill didukung Teknologi Informasi dan Tata kelola yang baik. Berdasarkan data BPS Kotamobagu, pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan tahun 2018 berada pada angka 2,254, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 2,213.

Sementara untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku berada pada 26,510 naik dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 24,110. Sedangkan jumlah penduduk miskin tahun 2019 sebesar 5,71, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebesar 5,96.

Untuk Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan dari tahun 2018 sebesar 72,55 naik menjadi 73,22 pada tahun 2019. Angka-angka tersebut secara langsung menunjukan kinerja pemerintahan TBNK yang terus memantapkan daerah ini menuju Kota Kotamobagu yang lebih baik.

Sejak dilantik pada 2018 silam berbagai prestasi berhasil dicapai Pemerintahan TBNK, diantaranya : Kota layak anak, opini WTP dari BPK RI, Piala Adipura, Kota Sehat dan segudang prestasi lainnya. Selain itu, banyak kegiatan pemerintah kota yang langsung dirasakan warga.

Berbagai bantuan pun digulirkan keduanya lewat anak asuh, bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu, bahkan ikut membantu warga terdampak bencana di wilayah Bolmong Raya. Membangun daerah merupakan komitmen keduanya hingga 2023 nanti.

*Adve/Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.