Di HUT ke-67, Yasti Sebut Bolmong Hadapi Tiga Tantangan yang Perlu Diatasi

0
299

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyebutkan ada tiga tantangan yang masih harus dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat dimasa-masa yang akan datang.

Ini disampaikannya saat menjadi inspektur upacara pada perayaan HUT ke-67 Kabupaten Bolaang Mongondow yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Lolak, Selasa(23/3).

Memperhatikan cita-cita normatif seluruh masyarakat Bolmong, kata Yasti, pemerintah telah memprediksi ke depan peluang dan tantangan yang harus dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat.

“Terdapat tiga tantangan besar yang masih kita hadapi hingga saat ini dan tahun-tahun selanjutnya,” ucap Yasti.

Pertama, katanya, tantangan terkait percepatan pemulihan ekonomi nasional, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.

Kedua, tantangan yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel.

Lebih lanjut, katanya, tantangan yang ketiga berkaitan dengan peningkatan sinergitas antara Pemda dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat. Demikian pula, tantangan antara Pemda dengan pemerintah kelurahan/desa serta pelaku usaha dan masyarakat luas.

Dalam menghadapi ketiga tantangan tersebut, ujar Yasti, “tentu kita tidak menutup mata terhadap dinamika pembangunan yang telah dilalui selama ini.”

Dia juga memberikan gambaran, bahwa permasalahan daerah diberbagai sektor pembangunan telah diselesaikan sedikit demi sedikit. Hal itu, manandakan bahwa perubahan itu ada dan menghasilkan pertumbuhan positif.

Semua itu, diraih atas kerja keras semua komponen masyarakat, termasuk jajaran birokrasi disegala lapisan dari kabupaten hingga desa/kelurahan.

Tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesional, maka prestasi pemerintah tidak mungkin terukir indah dalam sejarah perjalanan kabupaten, tutupnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.