Dinas PUPR Uji Sertivikasi Tenaga Kerja Konstruksi

0
422

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pembekalan dan Uji Sertifikasi bagi puluhan tenaga kerja kontruksi, yang di laksanalan di Aula Dinas PUPR.

Kepala Dinas PUPR, Claudy Mokodongan mengatakan bahwa Pemerintah menyadari pentingnya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat kontruksi dari segi kualitas maupun kuantitas.

Melalui Peraturan Pemerintah Nomir 22 tahun 2020, pasal 167 ada sanksi pemberhentian dari tempat kerja kontruksi yang tidak memiliki sertifikat kompetensi kerja. Dan pasal 168 dimana ada sanksi bagi pengguna jasa.

Untuk itu kegiatan sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi untuk para tukang ini diadakan untuk mencetak tenaga kerja kontruksi berkualitas, agar pembangunan infrastruktur di kota Kotamobagu berjalan lancar

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Balai Jasa Kontruksi Wilayah VI Makasar yang sudah bekerja sama dalam pelaksanaan Uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi di Kotamobagu.

Semoga apa yang kita lakukan demi daerah yang kita cintai ini akan senantiasa dinilai Ibadah oleh Allah SWT,” Ujarnya mengakhiri sambutannya.

Selain itu, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya PUPR Kotamobagu Yeyen Yambo, bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk peningkatan SDM di bidang jasa konstruksi, termasuk wajibnya kepemilikan sertifikat.

Tentunya dalam rangka menjalankan amanat UU Nomor 2 tentang Jasa Konstruksi. Dimana, mewajibkan seluruh tenaga kerja yang bekerja dalam bidang jasa konstruksi harus memiliki sertifikat keahlian termasuk dalam hal ini tukang.

kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Dimana seluruh peserta wajib menjalani rapid test sebelum memasuki lokasi kegiatan.

Harusnya ada sekitar 87 peserta, namun yang hadir sebanyak 62 orang. Mereka wajib rapid test sebelum memasuki ruangan tempat kegiatan berlangsung,” imbuhnya

Ia pun berharap dengan digelarnya pembekalan ini, sumber daya manusia (SDM) konstruksi di Kotamobagu dapat lebih baik, sejalan dengan Visi Misi Walikota.

Sehingga diharapkan pembangunan yang berjalan akan lebih baik untuk kedepannya.

*Nux

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.