Terpilih Bersama 100 Desa Lainnya se-Indonesia, Desa Tabang Ditetapkan BPS Jadi Desa Cantik

0
250

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kotamobagu, ditetapkan sebagai “Desa Cinta Statistik” oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Pencanangan dilakukan oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, di Balai Desa Tabang, dihadiri pula Sierly Worotikan mewakili Kepala BPS Sulut, Kepala BPS Kotamobagu Didi Cahya Winardi, Asisten III Setda Kotamobagu Adnan Massinae, Kadis Kominfo, Kadis Capil, Kaban Bappeda, Kadis PMD, Camat Kotamobagu Selatan, Lurah dan Sangadi se-Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kamis(3/6).

Desa Tabang masuk diantara 100 Desa Cantik oleh BPS. Sedangkan, di Provinsi Sulut hanya ada 9 Desa Cantik.

“Dengan dicanangkan Desa Tabang sebagai Desa Cinta Statistik maka diharapkan aparatur desa dapat meningkatkan kemampuan dalam mengolah data statistik,” kata Nayodo.

Apalagi, kata Nayodo, menjelang Pemilihan Sangadi, data yang tersedia harus valid. Itu juga termasuk salah satu maksud dari Presiden Republik Indonesia bahwa kita akan memiliki satu data statistik.

Lebih jauh kata Nayodo, dengan adanya data yang valid maka pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan di desa akan tepat sasaran.

“Hal itu menjadi penting karena desa menjadi ujung tombak dalam mensejahterakan masyarakat”, tambahnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Kotamobagu menyatakan bahwa selama ini desa dan kelurahan ditingkat kecamatan hanya menjadi objek pembangunan, sekarang tidak lagi. Desa dan Kelurahan sekarang sudah menjadi subjek pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Winardi menambahkan, pengelolaan dan pemanfaatan data menentukan tingkat kebijakan yang diambil. Perencanaan yang matang dan tepat sasaran dapat meningkatkan kualitas hidup manusia, tandasnya.

Adapun pilihan Desa Tabang sebagai Desa Cantik oleh BPS karena Desa Tabang dinilai memiliki tingkat Rate Survey yang sangat baik disertai dukungan Sangadi saat pendataan statistik menjadi acuan dipilihnya Desa Tabang.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.