96 Desa di Bolmong Segera Gelar Pilkades

0
417

Bolmong, Inatonreport.Com – Akhirnya jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau di Kabupaten Bolaang Mongondow lebih dikenal dengan Pemilihan Sangadi (Pilsang).

Rencana ini diungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Deysyelin Wongkar, Kamis(8/7/2021).

Deysyelin mengatakan, tahapan pemilihan 96 desa sudah termasuk pemilihan ulang Desa Insil Baru akan dimulai pada Agustus 2021 mendatang. “Tahapan akan berlangsung selama 5 bulan,” kata dia.

Anggaran yang diusulkan DPMD, ungkapnya, sudah disetujui. Selain itu, sudah masuk dalam perencanaan anggaran perubahan, tambahnya.

Anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp Rp 2,3 miliar, naik dari sebelumnya hanya Rp 1,6 miliar. Alasan naiknya anggaran, ujar dia, karena ada aturan mengharuskan bagi desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades harus melaksanakan protokol Covid-19.

Selanjutnya dia menerangkan, jika awalnya hanya 1 TPS setiap desa, sekarang 1 TPS hanya melayani 500 pemilih. Sehingga untuk desa dengan jumlah pemilih 2.000 orang harus disediakan 4 TPS, akibatnya bertambah jumlah TPS bertambah juga jumlah petugasnya. Imbasnya menaikkan anggaran yang dibutuhkan, tutupnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.