Dinkes Latih Ratusan KPM Cegah Stunting

0
306

Bolmong, Inatonreport.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow melatih ratusan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dalam mencegah dan menanggulangi stunting.

Pelatihan dibuka Sekertaris Daerah Kab.Bolmong Tahlis Gallang. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari di Hotel Sutanraja, Kotamobagu, 9-10 Juli 2021.

Tahlis dalam sambutannya mengatakan, pelatihan 202 KPM dilaksanakan dalam dua gelombang. “Pelatihan ini sangat penting karena berkenaan dengan masa depan generasi muda Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar Tahlis.

Saat ini, kata dia, yang menjadi fokus pemerintah ada dua, yaitu pertama pengendalian Covid-1, kedua pencegahan dan pemulihan Stunting.

“Jangan sampai energi kita habis hanya untuk pengendalian Covid-19 dan melupakan kegiatan pencegahan serta pemulihan Stunting,” tambah Tahlis.

Lebih lanjut dikatakannya, Bolmong ditetapkan sebagai daerah fokus penanganan Stunting sejak beberapa tahun lalu. Bolmong menjadi salah satu dari empat daerah fokus penanganan Stunting di Provinsi Sulawesi Utara. Selain Bolmong, ada Kab.Bolsel, Kab.Bolmut dan Kab.Minut.

Kenapa hanya empat daerah ini, lanjut dia, itu karena dari aspek jumlah kasus Stunting di empat daerah ini yang paling menonjol. Tahun lalu untuk kasus Stunting mencapai 172 kasus. Namun, dengan penanganan yang serius dari Instasi terkait akhirnya turun tinggal 80 kasus.

Tahlis berharap, KPM dapat menjadi motor penggerak penurunan Stunting di desa masing-masing. Para kader diharapkan lebih pro aktif sehingga anak-anak dalam masa pertumbuhan atau 1000 hari pertama kehidupan mendapat perhatian penuh untuk rajin ke Pos Yandu.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.