Bertemu Warga Desa Komangaan, Bupati YSM Beberkan Rencana Penanganan Longsor

0
244

Bolmong. Inatonreport.Com – Bencana tanah longsor berulang kali terjadi di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow. Tercatat sepanjang tahun 2021 sudah 3 kali terjadi tanah longsor di lokasi yang sama.

Akibat tanah longsor ini, ruas jalan yang menghubungkan Kab.Bolmong dan Kota Kotamobagu tak dapat dilewati karena tertutup material longsoran.

Mengantisipasi terjadinya kembali kejadian serupa, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow (YSM) mengadakan pertemuan dengan masyarakat Desa Komangaan, di Balai Desa Komangaan, Sabtu (11/12/2021). Lebih khusus warga yang tinggal di jalur yang sering terjadi tanah longsor.

Bupati Bolmong membeberkan rencana jangka panjang penanganan tanah longsor di desa tersebut. Menurut Yasti, untuk upaya menghindari kejadian serupa terus berulang maka jalan perlu diperlebar. Selain itu, dinding bukit yang sering longsor harus dibuatkan bertingkat-tingkat (teras sering) untuk mencegah longsor.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah keikhlasan dari warga pemilik lahan untuk bisa menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan,” kata Yasti.

Lebih lanjut katanya, jalan yang akan diperlebar sebesar 40 meter dan panjangnya sejauh 1 km. Untuk biaya pelebaran akan didanai lewat APBN dari anggaran Kementerian PUPR.

Namun, biaya pelebaran tidak termasuk biaya pembebasan lahan, sehingga dibutuhkan keikhlasan dari pemilik lahan untuk menghibahkan tanahnya.

Yasti juga menyampaikan kendala penanganan material longsor karena ada bangunan kios di Korit yang dibuat permanen. “Tidak boleh ada bangunan permanen apalagi di daerah bantaran sungai,” kata dia.

Dia sadar bahwa masyarakat juga perlu membuka usaha kios, tapi Bupati minta agar kios dibangun tidak permanen. Selain itu, untuk menghindari adanya korban jiwa, Yasti minta agar pemilik kios tidak tinggal disitu. Kios hanya sebagai tempat berusaha, tuturnya.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.