Diskominfo Bolmong Gelar Bimtek Implementasi Tandatangan Elektronik

0
275

BOLMONG, Inatonreport.Com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar bimbingan teknis implementasi tandatangan elektronik.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Bupati Bolmong, Rabu (31/8/2022), dibuka Sekertaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang.

Menurut Tahlis, ada kemajuan dalam pelaksanaan e-goverment di Kabupaten Bolaang Mongondow. Dimana, katanya, telah ada persetujuan untuk menggunakan tandatangan elektronik.

“Tandatangan elektronik ini telah dirancang dan diperjuangkan sejak 2022. Pada saat itu kita mengalami pandemi Covid-19 yang pertama kali,” kata Tahlis.

Pada saat itu, kata dia, bertemu tidak boleh, kontak fisik tidak boleh, berpindah berkas itu dilarang. Sehingga bermula dari hal tersebut maka agar tidak ada kontak, maka dicarilah solusi.

Maka pada saat itu, kita mengajukan usulan sertifikasi tandatangan elektronik. Karena prosesnya cukup panjang, belum lama ini usulan sertifikasi tandatangan elektronik telah disetujui, terang Tahlis.

Lebih lanjut katanya, ini juga menjadi tuntutan e-goverment. Dimana semuanya berbasis elektronik. Dan, tahun depan akan dimulai pelaksanaan administrasi berbasis non paper (tanpa kertas). Sehingga penganggaran ATK untuk kertas tahun depan akan dikurangi. Kecuali untuk situasional saja.

Manfaat tandatangan elektronik ini cukup besar. Manakala, pejabat melakukan perjalanan dinas, maka dia masih dapat melaksanakan tugas menandatangani berkas lewat tandatangan elektronik ini.

Hadir pada kegiatan Bimtek Asisten III Ashari Sugeha, Kepala Dinas Kominfo Marief Mokodompit, serta jajaran pejabat dilingkup Pemkab Bolmong serta operator dimasing-masing kantor.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.