Dinas Kesehatan Bolmong Laksanakan Pelatihan Entomologi Malaria

0
58

BOLMONG, Inatonreport.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow melatih puluhan petugas kesehatan tangani penyebaran penyakit Malaria.

Para petugas kesehatan dari Puskesmas mendapat pelatihan di UPTD Bapelkes Provinsi Sulawesi Utara. Pelatihan berlangsung selama enam hari mulai Senin sampai Sabtu, 2-7 Oktober 2023.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Julin Papuling,SKM,MAP.

Menurut Julin, penyakit Malaria harus menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan penyakit Malaria dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Lagi menurutnya, pengendalian penyakit Malaria di Kabupaten Bolaang Mongondow telah dapat dikendalikan. Namun, menurutnya, hal ini masih tetap menjadi permasalahan yang perlu ditangani dan diberantas.

“Penanganan malaria untuk Kabupaten Bolaang Mongondow sudah baik. Ini dapat kita buktikan dengan presentase pengobatan standar pada  2023,mencapai seratus persen,” Kata Papuling.

Lebih lanjut dia menambahkan masih banyak yang harus dipenuhi dalam meningkatkan kembali pelayan terhadap masyarakat dalam penanganan Entimologi malaria.

“Kabupaten Bolaang Mongondow sudah memperoleh status eliminasi  tentu harus menjaga agar kasus-kasus import yang ada tidak berujung pada indigenous,” terang Julin.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah angka kesakitan dan kematian akibat malaria melalui kegiatan Diagnosis dini. Pengobatan cepat dan tepat, pengendalian vektor yang semuanya ditujukan untuk memutus mata rantai penyebaran malaria, tutur Julin.

Pengendalian vektor masih menjadi salah satu program yang sangat penting dalam upaya pengendalian penyebaran penyakit . Oleh karena itu perlu peningkatan kemampuan dan ketrampilan petugas khususnya pengetahuan tentang etimologi vektor malaria.

Pertemuan etimologi malaria bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan para petugas puskesmas, ujar dia.

Analis mikroskopis malaria yang dilatih  mampu untuk menegakkan plasmodium malaria dan lebih optimal di seluruh Puskesmas Kabupaten Bolaang Mongondow. Dia berharap para petugas dari berbagai Puskesmas di Kab.Bolmong dapat bekerja lebih baik lagi usai mengikuti pelatihan ini. (Ridwan/Advertorial)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.