Sofyan Mokoginta Buka Sosialisasi Pengukuran IDSD Kotamobagu 2023

0
44

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Sekretaris Daerah Sofyan Mokoginta membuka Sosialisasi Pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kota Kotamobagu tahun 2023, Senin (27/11/2023), di ruang rapat Bappelitbangda Kotamobagu.

Dalam sambutan pembukanya, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu Sofyan Mokoginta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam menyusun model pemetaan indeks daya saing daerah.

Pemetaan indeks daya saing daerah ini, diharapkan dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktivitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional.

“Untuk meningkatkan daya saing daerah, maka daerah harus bisa menciptakan sesuatu yang nantinya akan menjadi keunggulan, yang mempunyai nilai dan bisa menjadi keunggulan dibandingkan dengan daerah lain,” kata Sofyan.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan ini, perlu ada upaya yang dilakukan secara bersama. Perlu kerja keras dari kita semua dengan sinergitas dan kolaborasi lintas sektoral untuk meningkatkan daya saing daerah.

Adapun Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan menyatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi untuk memberikan gambaran kondisi daya saing daerah dan faktor-faktor pendorong produktivitas yang membentuk daya saing daerah.

“Selain itu, hasil Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) dapat dibandingkan dalam tataran nasional dan internasional, serta dapat memberikan data dan informasi untuk rujukan dalam perumusan kebijakan, fasilitasi dan pembinaan daya saing daerah,” lanjut dia.

Pada kesempatan ini hadir, Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Ir. Lukman Shalahuddin, M.Sc. (hadir secara daring), Rektor UDK, Dr. Agus Supandi Soegoto, SE., M.Si., Kepala BPS Kotamobagu, Syamsuddin, SP., M.Si., perwakilan Kepala Kantor Pertanahan Kotamobagu, serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (*/Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.