Yusri Damopolii Buka KSN Tingkat SD

0
30

Boltim, Inatonreport.Com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim Yusri Damopolii membuka Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang Sekolah Dasar (SD) tingkat kabupaten di Sekolah Dasar Negeri I Nuangan, Kecamatan Nuangan Kamis (12/3/20).

Yusri, menyampaikan, di dalam era keterbukaan saat ini, tidak ada alternatife lain bagi sekolah untuk dapat berkompetisi dengan sekolah lain dalam berbagai aspek kehidupan, kecuali penyiapan sumber daya manusia yang bermutu, kalau tidak Sekolah di Kabupaten Boltim akan terus tertinggal oleh sekolah-sekolah di daerah lain.

“Lewat kegiatan ini, kita dapat menggali dan mengembangkan bakat dan minat peserta didik baik akademik maupun non akademik, agar bisa memenangkan persaingan di era globalisasi ini,” ungkap Yusri.

“Tentunya harus memiliki setidaknya satu kesamaan yaitu fokus pada pendidikan dengan senantiasa meningkatkan kualitas serta aksesbilitas pendidikan, khusunya di bidang Matematika dan IPA,’’ terang Yusri melanjutkan.

Menurut Yusri, pentingnya pendidikan sebagai dasar membangun keunggulan daya saing yang diwujudkan dalam bentuk gerakan penuntasan belajar 9 tahun.

“Sejalan dengan upaya peningkatan perluasan dan pemerataan pendidikan, pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada peningkatan mutu layanan dan daya saing output pendidikan,’’ ujarnya.

Yusri juga mengatakan kegiatan ini orientasinya untuk seleksi calon peserta KSN tingkat provinsi, dirinya berharap proses pelaksanaan KSN tahun 2020 akan mampu mencari siswa siswi yang berprestasi di bidang sains.

“Kegiatan ini menjadi ajang evaluasi bagi semua satuan pendidikan, hari ini menjadi bagian yang mengevaluasi keseluruhan dan maksimalitas dari kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

KSN yang digelar hari ini menurutnya, menjadi penentu sekolah-sekolah mana yang memiliki kualitas. Satu sisi persiapan ke tingkat provinsi, tapi di sisi lain ini menjadi bahan evaluasi di setiap sekolah, untuk itu bagi peserta yang lolos KSN Kabupaten agar mempersiapkan diri ke jenjang tingkat provinsi.

“Pesaing dari kabupaten lain ada banyak yang tentunya mereka akan mengutus peserta berpotensi. Kita perlu, persiapkan diri dengan baik,’’ beber Yusri.

*Abdy

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.