Sehan Lepas 21 Calon Jamaah Haji Asal Boltim

0
885

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, melepas 21  Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Boltim yang akan menuju Asrama Haji Manado untuk melakukan persiapan sebelum diberangkatkan ke Jedda, Sabtu (12/8).

Pelepasan dilaksanakan di Masjid Babul Jannah Tutuyan dan turut disaksikan Sekretaris Daerah, Ir Hi Muhammad Assagaf, serta sejumlah pejabat teras Pemkab Boltim.

‎ 21 CJH Boltim yang tergabung dalam kloter 12 bersama CJH dari daerah lain se-Sulut, akan menuju Balikpapan pukul 04.00 Wita, kemudian diberangkatkan ke Jedah dari embarkasi Balikpapan, pada Senin (14/8), pukul 03.00 ‎Wita.

Salah satu CJH Boltim, Mahmud Mokoagow, mengaku, bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Boltim yang telah banyak membantu dan memfasilitasi keberangkatan mereka ke tanah suci Makkah.

“Atas nama seluruh CJH Boltim, saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Boltim yang telah memfasilitasi keberangkatan kami dari Tutuyan ke Manado,” ucap Mahmud.

Bupati Boltim Sehan Landjar, mengingatkan kepada para CJH untuk terus menjaga kesehatan agar dapat khusyu menunaikan seluruh rangkaian dan rukun ibadah haji termasuk saat arafah.

“Jaga kesehatan dan manfaatkan waktu dengan banyak membaca Talbiyah, Takbir dan amalan sunah, serta perbanyak doa di tempat-tempat mustajab baik di Makkah maupun di Madinah,” pesan Sehan sembari memberikan bantuan uang saku kepada 21 CJH. ‎ ‎

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Boltim, Ahmad Sholeh, menuturkan, ‎Jumlah CJH yang sudah terdaftar di Kemenag Boltim mencapai 282 orang. Namun, dengan waktu tunggu 10 tahun, maka pendaftar tahun 2017 baru akan berangkat ke Makkah pada tahun 2027.

“Sulut adalah daerah dengan daftar tunggu paling pendek se-Indonesia dalam urusan ibadah haji yaitu 10 tahun, daerah paling lama yaitu Makassar dan Kalimantan Selatan yang harus menuggu selama 40 tahun,” terang Sholeh.

Untuk tahun ini, lanjut Sholeh, CJH Boltim yang akan diberangkatkan berjumlah 21 orang‎ terdiri dari Kecamatan Modayag 7 orang, Kecamatan Tutuyan 5 orang, Kecamatan Kotabunan 5 orang, dan Kecamatan Modayag Barat 4 orang.‎

*Hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.