Dinas PP dan KB akan Data Keluarga Mikro

0
894

Kotamobagu, inatonreport.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotamobagu akan melakukan pendataan keluarga mikro. Terkait hal tersebut, dilakukan pertemuan antara Kepala Dinas PP dan KB serta seluruh jajaran bersama kader pendataan keluarga mikro, bertempat di aula kantor DPP dan KB, Selasa (26/9).

Menurut Kepala Dinas PP dan KB Kotamobagu, Aljufry Ngandu, maksud kegiatan tersebut adalah untuk memastikan seluruh kegiatan akan berjalan dengan lancar.

“Ini rapat finalisasi kesiapan kader pendataan keluarga mikro yang juga sebagai PPKBD dan Sub PPKBD desa dan kelurahan. Mereka dalam waktu dekat akan turun ke lapangan,” terang Ngandu.

Lebih lanjut Ngandu menerangkan, tujuan pendataan keluarga adalah memperoleh data basis keluarga dan individu anggota keluarga yang memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh keadaan di lapangan sampai ke tingkat keluarga. Data yang dimaksud berupa informasi pelaksanaan program KB secara nasional, aspek demografi serta keluarga sejahtera.

“Adapun data ini, akan digunakan untuk kepentingan operasional langsung di lapangan serta untuk penetapan kebijakan, perencanaan, pengendalian dan penilaian oleh pelaksana disemua tingkatan, imbuh Ngandu.

Ngandu berharap, melalui pendataan keluarga mikro tersebut, akan akan diperoleh data detail tentang keluarga di Kotamobagu. Termasuk di dalamnya beberapa indikator data yang ditambahkan seperti kepemilikan jamban di tiap-tiap rumah dan lain-lain.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.