Dinkes Gelar Simulasi PSC Tangani Korban Kecelakaan

0
1050

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Hanya butuh lima menit Public Service Center (PSC)  dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, menangani korban kecelakaan, dan hanya butuh waktu paling lama 20 menit untuk sampai di Rumah Sakit atau Puskesmas.

Kepala Dinkes Kotamobagu, Haris Mongilong, mengatakan, unit tersebut dibentuk untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat.

“Ada lima kelompok yang dibentuk. Mereka akan bertugas selama 24 jam penuh, dengan pembagian sift bagi setiap kelompok,” kata Haris, ,di Lapangan Kotamobagu, Sabtu (2/12) pagi, saat menggelar simulasi penanganan korban kecelakaan.

Setelah menerima panggilan dari penelepon, unit segera meluncur dengan menyertakan, satu orang dokter, dua perawat dan seorang supir. Meski simulasi tentang situasi kecelakaan, tapi unit ini juga menerima panggilan orang melahirkan serta panggilan darurat lainnya.

Lebih lanjut Haris, mengatakan, ada 10 unit Ambulance yang disiapkan unit reaksi cepat tersebut. Diharapkan, unit pertama di Sulawesi Utara ini, dapat memberikan pelayanan prima.

“Untuk saat ini, Dinas Kesehatan baru mengusulkan nomor telepon (call center) ke Kementerian Kesehatan, kemungkinan tiga bulan ke depan, nomor call center sudah ada,” terang Haris.

Simulasi yang digelar hari ini merupakan gladi persiapan launching PSC. Disamping itu, simulasi menjadi ajang latihan bagi kerjasama petugas. Ke depannya, kata Haris, Public Service Center akan menjadi UPTD yang berdiri sendiri. Bila telah menjadi UPTD, unit ini akan dapat beroperasi lebih baik lagi.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.