Meriahnya Pesta Adat Tulude di Boltim

0
1128

Boltim, Inatonreport.Com –Warga asal Nusa Utara yang tinggal di Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar pesta adat Tulude, Kamis (8/2).

Hajatan budaya yang bertema “Na Sembau U Ghighile Sendknganeng Su Koko U Ruata” (Bersatu Dalam Sukacita Bersama Dalam Dekapan Allah) tersebut, berlangsung meriah.

Dalam perayaan tersebut, Bupati Boltim, Sehan Landar, memberikan apresiasi kepada masyarakat Nusa Utara yang telah menyelanggarakan pesta adat Tulude.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada masyarakat Boltim, khususnya yang berdarah Nusa Utara, baik dari Sangihe maupun Talaud. Tulude adalah menolak segala bentuk keburukan pada tahun yang telah dilewati. Kemudian, memohon petunjuk atas apa yang kita lewati,” ujar Eyang sapaan akrab Bupati Boltim.

Di Boltim, lanjut Eyang, Tulude bukan sesuatu yang asing di masa kepemimpinannya. Pasalnya, Tulude tahun ini merupakan yang kelima kali dilaksanakan. Dan pelaksanaan kali ini sangat baik karena prosesinya dilaksanakan secara menyeluruh sesuai dengan adat leluhur.

Sehan menilai, ikatan darah Boltim dan Nusa Utara sangat erat. Sebab, kedua etnis tersebut memiliki ikatan persaudaraan yang sangat kuat.

Eyang meminta, hubungan harmonis antara Mongondow dan Nusa Utara, tidak boleh dipisahkan dengan suatu apapun.

“Kalian adalah masyarakat Boltim yang kita cintai. Kalian saudaraku yang berdarah Nusa Utara bukan pendatang,” tambah Eyang.

Di kesempatan tersebut, Eyang berterima kasih atas atensi, dedikasi dan kontribusi seluruh masyarakat, termasuk warga yang berdarah Nusa Utara, yang turut membantu dan memajukan Boltim, baik dari segi pemerintahan, pembangunan serta budaya.

“Masyarakat Boltim harus menjunjung tinggi nilai-nilai tentang kebudayaan. Tulude akan menjadi agenda tahunan. Saya akan tetapkan anggaran tentang kegiatan-kegiatan kebudayaan Boltim, termasuk adat Tulude,” papar Eyang.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Bolsel, Herson Mayulu, para anggota DPRD Kabupaten Boltim, Ketua TP-PKK, Asisten I/II/III, Kepala Dinas/Badan/Kantor dan Kepala Bagian di Pemerintah Kabupaten Boltim. Hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daearah Boltim, tokoh agama/masyarakat/adat dan tamu undangan.

*Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.