Pemkab Boltim Peringati Hari Kartini, Ini Pesan Bupati

0
750

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar peringatan Hari Kartini, yang juga dirangkaikan dengan peringatan hari otonomi daerah (Otda) dan Apel Korpri dilingkungan Pemda Boltim, bertempat di halaman Kantor Bupati Boltim (23/4).

Dalam peringatan tersebut, Bupati Boltim, Sehan Landjar, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Boltim,Nursiwin Landjar Dunggio, memimpin langsung pelaksanaan upacara peringatan hari kartini Ke 139 Tahun 2018 dengan tema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan dan Peran Perempuan dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa”.

Dalam sambutannya,Sehan menyampaikan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

“Kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi. Dan dengan kemampuan inilah pula yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita,” ujar Sehan.

“Atas perjuangan RA Kartini Itulah, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga tapi juga ikut berpartisipasi dalam member warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan social,” sambungnya.

Jika bicara tentang posisi kaum perempuan, lanjut Sehan, berarti sudah bicara tentang kesetaraan gender atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Boltim.

“Untuk menjadi motor penggerak. Antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi, pendidikan dasar sembilan tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup dan lain sebagainya,” terang Sehan.

Selain itu, Bupati dua periode ini berharap peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kembangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Boltim.

“Marilah kita kerja bersama untuk kesejahteraan anak dan perempuan Indonesia,” ajak Sehan.

Diketahui, turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto, Kapolsek Urban Kotabunan, Dandramil 1303/05 Kotabunan yang diwakili anggota, Asisten, Kepala Dinas, jajaran SKPD, Tim Penggerak PKK, Dharmawanita Persatuan, camat, dan sangadi.

*Advertorial

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.