Rayakan Lebaran Ketupat, Desa Buyat Dipadati Pengunjung

0
1127

Boltim, Inatonreport.Com – Ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat memadati jalan menuju Desa Buyat Kecamatan Kotabunan untuk bersilaturrahim pada perayaan Lebaran Ketupat, Minggu (24/6).

Terpantau media ini pada pukul 12.30 WITA, desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa Tenggara tersebut dipenuhi dengan kendaraan serta warga yang hendak mengunjungi sanak saudara yang merayakan Lebaran Ketupat.

Alhasil, jalan Trans Buyat yang biasa sepi, tiba-tiba padat dan macet total sampai petugas kepolisian dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub), harus kerja ekstra untuk mengatur akses jalan akibat banyaknya kendaraan.

“kali ini memang tamu yang datang lebih banyak dari sebelumnya. Dan hari raya ini juga kami dikunjungi keluarga dari Minahasa Tenggara,” ujar salah satu warga yang menggelar open house.

Meski banyak pengunjung, persediaan katupat juga begitu banyak sehingga para tamu yang datang dapat menikmati hidangan ketupat. Bahkan sampai ada yang membawa pulang ketupat sebagai souvernir.

Selain ke rumah-rumah, ada juga para pengujung melanjutkan perjalanan ke tempat wisata untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Lakban di Desa Ratatotok.

Menurut warga, perayaan Lebaran Ketupat merupakan simbol dari berakhirnya puasa Syawal sebagai makna menyempurnakan puasa Ramadhan atau kaffatan di dalam kehidupan individu dan masyarakat.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.