LPPD Boltim Tahun 2017 Diganjar Predikat Sangat Tinggi

0
939

Boltim, Inatonreport.Com – Sekretaris Daerah Kabupaten Boltim, Ir Hi Muhammad Assagaf, mengatakan, Pemkab Boltim dinilai berkinerja sangat tinggi atas hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017.

“Alhamdulillah, Tim Evaluasi LPPD tahun 2017 dari Kemendagri tetapkan Kabupaten Boltim dengan predikat sangat tinggi,” ungkap Assagaf, Jumat (27/7).

Assagaf menuturkan, hasil penilaian tim EKKPD menempatkan Boltim di urutan ke 6 dari 15 kabupaten kota se-Sulawesi Utara, atau rangking 4 dari 11 Kabupaten di Sulut.

“Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama berbagai pihak antara lain tim Penyusun LPPD tahun 2017, dan seluruh perangkat daerah Pemda Boltim dalam menginventarisasi, menyiapkan dan menyajikan data pendukung LPPD. Terima kasih untuk semua yang terlibat. Tekad tahun 2018 harus lebih baik lagi,” ujar ujar Assagaf.

Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Boltim, Ikhlas Pasambuna SSTP, menambahkan, EKPPD dilaksanakan oleh tim pemerintah pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Otonomi Daerah, dengan 3 indikator penilaian yaitu pengambilan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta urusan pemerintahan umum.

“Dari hasil penilaian Tim EKPPD, Boltim meraih skor 3,0098 dengan predikat sangat tinggi, naik empat tingkat dibanding tahun sebelumnya pada posisi nilai 2,9306 dengan predikat tinggi,” terang Pasambuna.

Hasil itu, sebut Pasambuna, menghantarkan ‎kabupaten yang dipimpin Bupati Sehan Landjar SH dan Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit meraih rangking 2 se-Bolmong Raya.

“Kita peringkat 2 di Bolmong Raya. Ini semua atas bimbingan, arahan dan petunjuk pak Bupati, Wabup dan pak Sekda. Apresiasi kepada seluruh SKPD atas suplai data, sehingga sejumlah indikator penyelenggaraan pemerintahan memenuhi standar yang ditentukan,” terang Pasambuna.

Untuk diketahui, dari 15 kabupaten/kota se-Sulut hanya delapan daerah yang mendapat predikat Sangat Tinggi yaitu Kabupaten Bolsel, Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Boltim, Kota Tomohon serta Kota Kotamobagu. Sedangkan 7 daerah lainnya diberi predikat tinggi.

*hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.