Sektor Pertanian Prioritas Bumdes Moyag Tompoan

0
713

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pemanfaatan Dana Desa (Dandes) yang dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di setiap Desa di Kotamobagu bisa di bilang beragam, mulai dari usaha Jasa hingga pertanian.

Salah satunya Desa Moyag Tampoan, Desa berpenduduk 1208 jiwa yang berada di Kecamatan Kotamobagu timur ini, mengelolah Bumdesnya untuk kemajuan sektor pertanian.

Kepala Desa Moyag Tampoan, Halidun Tungil, mengatakan, Bumdes Moyag Tampoan di kelolah untuk kemajuan sektor pertanian.

“Diantaranya pembangunan Infrastruktur jalan pertanian, pembuatan koperasi alat pertanian, sampai pada penyediaan pupuk dan sebagainya,” kata Halidun kepada awak media saat berada di kantor wali kota Senin (30/7).

Lanjut Halidun, sektor pertanian diambil karena sebagian besar warga Desa Moyag, berprofesi sebagai petani.

“Nah, kami sudah rapatkan bersama tentang pemanfaatan Dandes sesuai permintaan para petani, yaitu pembuatan jalan pertanian dan koperasi alat peralatan pertanian,” ungkap Halidun.

Halidun menambahkan, Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag Tampoan saat ini sudah merencanakan pembuatan infrastruktur pertanian tersebut di tahun ini.

“Anggarannya untuk pembuatan jalan pertanian ituRp 400 juta, sedangkan koperasi alat dan bahan pertanian itu Rp300 juta. Itu Tahun ini bisa terealisasi,” jelas Halidun.

Selain itu, lewat Bumdes, pihaknya juga bakal mendorong usaha-usaha kecil menengah yang ada di desa tersebut.

“Ada juga kebanyakan ibu-ibu itu membuat usaha kecil. Itu nanti akan dibuat kelompok, kemudian akan didorong dengan Dana Desa,” terang Halidun.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.