Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Lolayan Bantu Garap Lahan Petani

0
745

Lolayan, Inatonreport.Com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-04/Lolayan, Serda Mulich Makalalag, membantu Kelompok Tani Jaya Kinali membajak sawah seluas 3 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Desa Tanoyan Selatan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong, Minggu (1/7).

Serda Mulich mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Dengan hand traktor, sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

“Sebelumnya Kelompok Tani Jaya Kinali menggunakan hewan sapi untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”ujar Mulich.

Mulich menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkap Mulich.

Lanjut Mulich, dengan menggunakan hand traktor, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi, dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen.

“Hal ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional,” tutup Mulich.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.