Pemuda Molinow Tarik Keuntungan Lewat Bisnis Properti

0
502

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kelompok pemuda Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu barat cukup kreatif. Dengan ide-ide cemerlang, mereka mampu mendatangkan pendapatan yang cukup menguntungkan.

Salah satu ide kreatif itu adalah dengan berbisnis properti. Mereka membuatnya dari bahan dasar sederhana seperti pita, nilon dan jenis papan properti lainnya kemudian disewakan untuk mendekorasi gedung pesta pernikahan.

Yadi maleteng (26), salah satu pengelolah bisnis tersebut mengatakan, awal mula dirintisnya bisnis itu pada 2016. Dia menceritakan, dimana bisnis properti tersebut merupakan hasil swadaya para pemuda, kemudian terus dikembangkan.

“Sebenarnya modal pribadi kami tidak ada, hanya karena kami pemuda turut berpartisipasi pada kegiatan pengumpulan sumbangan pembangunan rumah ibadah, maka pemuda dapat bagian 10 persen dari pengumpulan dana itu. Nah, dari dana itu akhirnya kami putar dengan membuat bisnis properti ini agar dapat mendatangkan keuntungan,” cerita Yadi, rabu (1/8/2018).

Dari bisnis itu, Yadi menuturkan setengah dari keuntungan yang didapat akan disumbangkan ke Mesjid, kemudian sisanya untuk operasional dan pengembangan usaha properti tersebut.

“Untuk pertamakalinya langsung ada yang menyewa properti ini. Harga sewanya sesuai luas gedung yang dipakai. Paling rendah itu Rp300 ribu hingga Rp1 Juta. Yaah, syukurlah sudah dua tahun ini banyak keuntungan yang didapat,” ujar Yadi.

Selain itu, bisnis itu juga mampu menekan angka pengangguran, sehingga ke depan ia bersama kelompoknya akan mengembangkan usaha tersebut.

“Jadi mana teman-teman yang belum bekerja, maka merekalah yang mengelolah bisnis ini. Katika ada yang datang menyewa maka mereka juga yang mendekorasi itu. Nah, ke depan kami rencanakan untuk pengembangan usaha ini, tentu kalau ini mulai dikenal dan sudah banyak penyewa, maka akan banyak lagi pekerja, dari situ kita bisa merekrut lebih banyak pekerja lagi sehingga mampu menekan angka pengangguran,” tutup Yadi.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Molinow, Selvia Van Gobel, memberikan apresiasi kepada kelompok pemuda tersebut. Ke depan pihaknya bakal memberikan bantuan untuk menunjang fasilitas kelompok tersebut.

“Tentu usaha itu sangat baik, ke depan kami akan lakukan pendataan kembali agar bisa diberikan bantuan,” terang Selvia.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.