Babinsa Latih PBB Siswa SMPN 2 Lolayan

0
812

Lolayan, Inatonreport.Com – Demi meningkatkan kemampuan siswa serta menanamkan pada rasa disiplin dan karakter pada generasi muda bangsa guna didapatkan generasi bangsa yang berkualitas dan cerdas, angggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Komando Rayon Meliter (Koramil) 1303-04/Lolayan melaksanakan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa Lapangan Olahraga SMP Negeri 2 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sabtu (29/9/2018).

Kegiatan latihan PBB ini diikuti sekitar 42 siswa tersebut,  bertujuan agar para pelajar mampu mewarisi nilai-nilai luhur budaya bangsa yang kini sudah mulai memudar di kalangan para generasi muda sekarang ini.

Adapun pelaksanaan latihan kegiatan PBB dasar ini meliputi gerakan fisik di tempat, di mana selanjutnya diberikan pemahaman dan diasah kemampuan terhadap materi yang telah di berikan secara tersusun dan terarah.

Serda Ruslan Samidu melatihkan dengan sangat sabar, karena para siswa SMP Negeri 2 Lolayan yang masih sangat labil.

“Pertama kami memberikan contoh gerakan dasar terlebih dahulu agar bisa dilihat dan diikuti para siswa. Selanjutnya kita tinggal menilai gerakan mereka,” ujar Serda Ruslan.

Dijelaskan Serda Ruslan, kegiatan PBB yang dipercayakan kepada Babinsa ini juga untuk melatih sikap, mental dan mendidik supaya lebih baik serta merta meningkatnya disiplin para siswa.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 2 Lolayan, Nerlatin Bakung SE, mengatakan, langkah pihak sekolah yang menggandeng TNI cukup baik, dalam memberikan landasan dan filter kepada peserta didik dan awal bela negara guna melatih dan menumbuhkan keterampilan PBB serta melatih sikap disiplin para siswa.

Masih di tempat yang sama, siswa SMP Negeri 2 Lolayan, Avit Makalalag (13) yang tengah asyik melakukan gerakan PBB mengatakan, dirinya sangat senang dapat belajar PBB dari Babinsa.

“Saya merasa sangat senang dan bertambah ilmu tentang PBB jika pak Babinsa datang melatih. Pak pelatih dari Babinsa, sikapnya tegas dan mudah dicontoh, saya senang latihan. Saya mau jadi tentara atau anggota TNI yang gagah dan berani,” tuturnya dengan polos.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.