Poktan di Kotamobagu bakal dapat Bantuan Kopi Robusta

0
747

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Kelompok Tani “Satu Hati” di Kota Kotamobagu dipastikan bakal menerima bantuan bibit kopi jenis Robusta dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulut.

“Optimalisasi lahan kopi itu kegiatan dari Provinsi dimana akan menyalurkan bibit kopi super jenis robusta sebanyak 1.500 pohon. Kopi tersebut berasal dari Jember Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Pulitkokao),” ungkap Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kota Kotamobagu, Ramjan Mokoginta, Senin (24/9/2018).

Dia mengatakan, lokasi yang akan ditanami bibit kopi tarsebut yaitu di perkebunan “Mobonod” yang terletak di Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat.

“Itu yang dapat Poktan Satu Hati, sudah sekalin pupuk yang akan disalurkan. Mereka sudah datang melihat lahannya atau survey lahan. Biasanya itu tidak lama lagi disalurkan, kemungkinan awal bulan depan,” terangnya

Menurutnya, lokasi perkebunan Mongkonai sudah cocok untuk penanman kopi jenis Robusta, dilihat dari ketinggan serta udaranya.

“Kalau kopi jenis Arabika itu harus diatas 1000 dari permukaan laut. Tapi kalau robusta bisa dibawah seribu meter. Nah, kalau perkebunan Mongkonai itu kurang lebih 700 hingga 800 meter ketinggiannya sehingga cocok untuk penanaman kopi jenis Robusta,” jelas Ramjan.

Terpisah, salah satu anggota Poktan Satu Hati, Armin Simbala, menyambut baik rencana pemberian bibit kopi tersebut. Dia mengatakan, perkebunan mongkonai sangat cocok untuk tanaman apa saja, sebab udara dan unsur hara pada lahannya sangat mendukung.

“Tentu ini kabar gembira, kami pun berharap secepatnya terealisasi. Kalau cuma persoalan lahan, kami sudah siapkan tinggal menunggu penyalurannya,” terangnya.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.