Modeong: TL bukan Perjalanan Wisata, Tapi Perjalanan Kerja

0
577

Bolsel, Inatonreport.Com – Kabag Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong, menegaskan, dalam waktu dekat ini akan melaksanakan rapat khusus keasistenan, guna membahas permasalahan terkait PNS yang keseringan tugas luar (TL), tanpa ada hasil untuk kemajuan daerah.

“Masalah ini diseriusi untuk menangkal pandangan masyarakat terhadap PNS yang diduga mengumpulkan pundi-pundi rupiah lewat TL,” kata Ahmadi.

Apalagi, lanjut Modeong, para PNS yang suka foto selfie saat TL, doyan menyebarkannya di media sosial, namun ketika kembali ke daerah tidak ada hasilnya, sehingga menjadi sorotan masyarakat.

“Nantinya, semua kegiatan PNS yang berbau TL akan diperketat pengawasannya. Apalagi ada yang berangkat berpasangan, baik itu suami dan istri seakan-akan TL adalah kesempatan untuk berlibur, sementara tugas utama untuk menghindari kegiatan penting di masing-masing OPD. Nantinya ke depan, jika kegiatan itu hanya seremonial dan tidak mendesak, maka tidak diwajibkan untuk berangkat,” terang Modeong.

Dikatakan, bagi pejabat khususnya pimpinan OPD esselon II, III, dan sebagainya, Surat Perintah Tugas (SPT) harus melalui bupati atau sekretaris daerah (Sekda).

“Ingat, TL itu bukan perjalanan liburan, tapi perjalanan kerja. Ketika sifat kegiatan belum urgen maka tidak boleh,” jelas Modeong.

Saat ini, perjalanan dinas dituntut untuk mampu mempertanggung jawabkan hasil perjalanan tersebut, menjelaskan hasil koordinasi dan konsultasi, kemudian ditindaklanjuti.

“Kalau TL-nya untuk hal yang sama tanpa ada perkembangan, maka dia adalah penguras anggaran APBD. Jadi, bagi PNS yang akan melakukan perjalanan dinas harus jelas tujuannya ke mana, manfaatnya apa, dan saat kembali harus ada hasil sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pimpinan daerah. Terlebih yang berangkat pasutri, harus tahu malu karena ini bukan perjalanan wisata, tapi ini perjalanan kerja. Seingga itu, pengawasan akan dilakukan dari sekarang di setiap OPD, hal ini dimaksdukan agar tidak memunculkan image buruk, melainkan pandangan baik di mata masyarakat tentang PNS Bolsel,” terang Modeong.

*bmc/Hs

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.