Babinsa Bantu Petani Desa Sangkub buat Pematang Sawah

0
595

Bolmut, Inatonreport.Com – Kopda Densi Suwardi anggota Babinsa Sangkub Koramil 1303-15/Bintauna membantu petani di wilayahnya memperbaiki pematang sawah dan saluran air, yang berada di Desa Sangkub Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolmut, Kamis (20/12/2018).

Sebelum dilakukan pembajakan persawahan terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan perbaikan pematang sawah dan saluran air bersama Lukman Datuela, anggota kelompok tani (Poktan) Garden Mix.

Babinsa menjelaskan, setelah mengairi area persawahan yang akan di bajak, maka besok harinya kami akan melakukan kegiatan pembajakan sawah dengan membuat perbaikan tanggul pematang sawah.

Ia menuturkan, kegiatan pembajakan ini akan dilakukan menggunakan traktor. Namun kegiatan awal pembajakan masih menggunakan cangkul untuk memperbaiki pematang sawah dan memperbaiki saluran air, agar air yang masuk dapat merata ke semua area persawahan, sehingga area sawahnya bisa siap untuk di tanam tepat waktu.

”Bapak Lukman telah menyiapkan pembibitan padi untuk lahan seluas 1 hektar yang akan di bajak, sedangkan bibit padi yang digunakan untuk pembibitan adalah padi varietas Serayu, dan sistem penanaman dengan menggunakan sistem legowo. Dan usia bibit padi saat ini baru berumur 13 hari,” ungkap Babinsa.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.