Babinsa Bantu Petani Bungko Pupuk Tanaman Jagung

0
568

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Serda Ruben Mailakay membantu pemupukan tanaman jagung milik Rudi Kobandaha yang berada di Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu, Senin (7/1/2019).

“Selain pemupukan, di lahan jagung berusia 30 hari ini juga dilakukan pembersihan dan pencabutan rumput liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tanaman induk,” ujar Ruben.

Diakui, pendampingannya kepada petani tidak hanya sebatas pembersihan dan pemupukan, tetapi juga berupaya meningkatkan produktivitas hasil panen. Dan untuk mencapai hal itu, maka perawatan secara intensif harus dilakukan.

“Perawatan secara rutin perlu dilakukan agar hasil panen dapat sesuai dengan harapan. Tanaman pengganggu yang tumbuh di antara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama dalam memperoleh unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal,” terangnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh petani. Bahkan petani merasa lebih termotivasi untuk lebih giat mengolah lahannya.

“Terima kasih kepada TNI AD, khususnya Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu yang telah memberikan pendampingan yang sangat berarti kepada petani,” ungkap Rudi mengakhiri.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.